Rabu, 21 Juli 2010

Analisa kerusakan compresor kulkas

Kompressor
Saat ini ada 3 jenis kompressor yang digunakan untuk kulkas rumah tangga:
1. Hermetic- kompressor dengan system piston untuk memompa bahan pendingin.Kompressor jenis ini yang paling banyak dipakai oleh kebanyakan produsen kulkas.
2. Rotary-kompressor jenis ini memakai system rotary yang memampatkan refrigeran dengan sebuah pisau didalamnya .kompressor rotary banyak dipakai oleh kulkas pabrikan jepang merek Mitsubishi.
3. Inverter- kompressor inverter adalah teknologi tercanggih dibanding jenis lainnya.Kompressor Inverter mengkonsumsi daya DC antara 10V s/d 40 v yang di konversi dari daya AC sehingga bisa menghasilkan kecepatan yang variable yang bisa untuk mengatur,menambah,mengurangi kapasitas pendinginan dari yang dibutuhkan sehingga lebih menghemat energi dibandingkan dengan kompressor jenis lainnya.Namun di karenakan teknologi yang lebih rumit dan lebih mahal masih jarang produsen kulkas yang memakai kompressor jenis ini.

Kerusakan yang sering terjadi pada compressor adalah:
1. Motor terbakar.
Ciri2 motor terbakar adalah ampernya tinggi,korslet,kontak bodi. Gulungan motor terbakar dapat disebabkan oleh suhu tekanan pada compressor terlalu tinggi(biasanya lebih dari 120 derajat celcius),tegangan listrik yang tidak stabil,overload protector yang tidak berfungsi,listrik sering padam hidup.

2.Rotor yang aus karena gesekan.
Ciri2 kompressor tidak mau start dan berdengung,atau berbunyi keras,ampernya tinggi.Disebabkan oleh gagalnya pelumasan oli pada rotor.

3.Piston aus
Ciri2 kompressor berbunyi keras,kompressi yang berkurang,system kurang dingin/beku.

4.Klep/katup pecah atau melekat kotoran.
Kompressi berkurang banyak,atau sama sekali tidak ada kompressi.

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengganti compressor yang rusak adalah memastikan apa penyebab dari kerusakan tersebut.Misalnya motornya terbakar.kita harus mengecek tegangan listrik di lokasi tsb apakah normal,apakah di lokasi tsb sering tegangan listrik tidak stabil naik turun,apakah overload protector masih bekerja.Hal ini harus kita pastikan dahulu sebelum mengganti dengan compressor yang baru.

Dalam sebuah system pendingin seperti AC,Refrigerator,Freezer,Chiller dll Compressor adalah sebuah komponen vital yang berfungsi mensirkulasikan Gas Freon. jika Compressor mengalami gangguan atau mengalami kerusakan, pada umumnya pemilik enggan untuk mengganti komponen ini dengan yang baru sebab dengan harga yang cukup tinggi dipasaran, harga kompressor kulkas 1 pintu saja bisa dibandrol tidak terpaut jauh dengan harga beli kulkas bekas yang masih layak pakai.

ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari alat ini seperti kerusakan gulungan elektromotornya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan mekanis sepeti piston,reed valve dll, sayang untuk kompressor ukuran kecil tidak ada spare part baru yang dijual dipasaran jadi kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan compressor lain,untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompressor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih.

Agar tidak ribet dan mesti merogoh kocek terlalu dalam jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kondisi "kesehatan" kompressor kulkas anda, siapa tahu bermanfaat.

Mengecek gulungan elektromotor didalam kompressor bagian 1

  1. Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan utama seperti Obeng,Tang,Multitester dan jika ada clamp meter.
  2. Setting clamp meter (biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan hasil pengukurannya harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang tertulis dari pabrikan kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current : 0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika suara yang ditimbulkan kompressor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus ampere yang terukur.
  3. Setting multitester pada posisi pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester pertama dihubungkan kelantai kemudian yang lainnya ke body compressor (pastikan kebagian kompressor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompressor atau pipa tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multitester hasil dari langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik

Mengecek gulungan elektromotor didalam kompressor bagian 2.

  1. matikan kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak
  2. bukalah penutup soket listrik kompressor yang berada biasanya disisi kiri atau kanan kompressor (lihat gambar)
  3. lepaskan relay dan overload dari soketnya.
  4. setting multitester pada posisi pengukur ohm.
  5. tempelkan pen multitester ke body kompressor dan yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompressor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti elektromotor kompressor benar-benar dalam keadaan baik.

Siklus Refrigerasi




Sebuah pemahaman menyeluruh dari siklus operasi dari kulkas
diperlukan sebelum diagnosis yang benar dari setiap masalah Service dapat
dibuat. Jadi, hanya dengan sebuah studi yang mendalam tentang fundamental dapat
Anda menguasai bidang pendinginan.
Sebuah siklus, menurut definisi, adalah interval atau periode ditempati oleh satu
bulat atau jalannya peristiwa dalam urutan yang sama atau seri. Kata Siklus,
sebagaimana yang diterapkan di sini, berarti serangkaian operasi di mana panas pertama
diserap oleh bahan pendingin, perubahan dari cair ke gas, dan
kemudian gas dikompresi dan dipaksa masuk ke kondensor, dimana
panas diserap oleh udara yang beredar, sehingga membawa refrigeran
kembali ke bentuk awal (atau cair). Dengan mengacu pada Gambar diatas,
siklus operasi terdiri dari langkah-langkah berikut:
1. Kompressor memompa bahan pendingin melalui seluruh sistem.
Ia menarik gas refrigerant dingin melalui jalur isap(suction line)
dari evaporator freezer. Pada saat yang sama, mengompres
gas dan mepompa ke discharge line (jalur tekanan tinggi).Gas yang terkompresi suhunya meningkat tajam dan memasuki kondensor.
2. Kondensor ini melakukan fungsi yang mirip dengan radiator di
sebuah mobil dalam kondensor adalah koil pendingin untuk
gas refrigeran panas. Dalam kondensor, panas tersebut dikeluarkan
ke ruang udara di luar kabinet. Selama proses ini,
gas refrigerant melepas panas dalam
kabinet dan merubah ke bentuk cair.
3. Lalu cairan pendingin panas meninggalkan kondensor dan memasukki
tabung (pipa)kapiler, Dan filter dryer atau saringan menghapus segala uap air atau kotoran.
4. Tabung kapiler diukur dengan seksama panjang dan diameter dalam untuk mengukur arus refrigerant cair dengan jumlah yang tepat untuk alirkan sesuai
yang dibutuhkan untuk setiap unit. Sebuah panjang yang telah ditetapkan
tabung kapiler biasanya disolder di sepanjang bagian luar
suction line, membentuk penukar panas, yang membantu untuk mendinginkan
'refrigerant cair panas dalam tabung kapiler. Pipa Kapiler
kemudian dihubungkan ke pipa yang lebih besar yaitu evaporator.
5. Refrigeran keluar dari tabung kapiler dan memasuki tabung yang lebih besar
atau evaporator. Peningkatan mendadak
dalam bentuk diameter pipa membentuk daerah tekanan rendah dan suhu
refrigerant turun secara drastis karena perubahan dari cair ke campuran
cair dan gas. Dalam proses melewati
evaporator, refrigerant menyerap panas dari area sekelilingnya.
Refrigerant kemudian secara bertahap berubah dari cair ke- campuran cair dan gas ke -gas.
6. Gas refrigerant bertekanan rendah meninggalkan koil evaporator
sekarang memasuki akumulator, yang dirancang berbentuk silinder besar
untuk menjebak cairan refrigeran yang tidak atau belum berubah menjadi gas
di evaporator. Karena tidak mungkin untuk kompres cairan, akumulator mencegah refrigerant dalam bentuk cairan kembali ke kompresor.
7. Lalu gas refrigerant meninggalkan akumulator, kembali ke
kompresor melalui garis isap, yang merupakan bagian dari panas
exchanger, sehingga menyelesaikan siklus.

5 komentar:

  1. Pelajaran teramat berharga buat saya.....,
    Thanx Bang Dwie..

    BalasHapus
  2. kompressor kulkas saya bunyi rendah tidak kasar tapi hidupnya sebentar kemudian mati kemudian hidup lagi terus mati lagi sepertinya tidak kuat ngangkat arus..perlu diketahui selama ini tidak ada masalah apapun dan kondisi listrik bagus..lampu didalam kulkas menyala..pernah saya panggil mekanik kulkas kerumah saya katanya ganti aja dengan yg baru dan setelah ditanya harga kompressor baru berkiasr 800rb-1jt rupiah sama dengan harga kulkas bekas..
    tanya :
    1. apakah kondisi kompressor kulkas saya ini masih bisa diperbaiki ?
    2. mohon petunjuk alamat service kompressor yg handal sehingga bisa diperbaiki dan kompressor kulkas saya bisa dipergunakan lagi, tanpa hrs beli kompressor baru atau ganti kulkas yg baru.
    atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    salam,
    Maruli
    bnptruss@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. kompresor kulkas sering mati nyala sendiri biasanya ampere(arus yang dikonsumsi untuk menggerakkan kompresor) naik disebabkan;
    1.rusaknya relay,karena relay rusak sehingga tidak bisa membantu proses starting,terjadi overload berulang-ulang,solusi:ganti relay
    2.tegangan listrik(voltase)pln dirumah anda turun/rendah,solusi:pakai stavolt/stabilizer agar listrik stabil 220volt atau perbaiki koneksi instalasi listrik dirumah anda
    3.piston pada kompressor macet sehingga overload berulang-ulang,solusi:ganti kompresor
    4.kebuntuan pada pipa kapiler atau pd filter,freon tidak bisa bersirkulasi,akhirnya tejadi over load,solusi:ganti filter,pipa kapiler>vakum>isi freon
    semua analisa tersebut butuh tang ampere/clamp meter agar tau ampere/arus dan perkiraan penyebabnya dan yg pasti perlu teknik khusus dan pengalaman,tidak bisa dilakukan oleh orang awan.mohon maaf baru membalas,karena terlalu sibuk dg kerjaan diluar,terima kasih sudah sudi berkunjung ke blog ini.

    BalasHapus
  4. Dimana saya bisa membeli kompressor kulkas ya?
    Saya tinggal di jakarta timur.
    Kulkas saya panasonic 2 pintu, dan menurut tukanh yg saya panggil, kompressornya rusak, krn sewaktu dicolok ke listrik, tidak ada aktivitas apa2 dikompressor, dan kompressornya pun tidak panas.
    Mohon infonya ya,
    Tq :-)
    Eka a

    BalasHapus
  5. Infonya mantap masbro,soalnya saya baru mau mulai buka jasa servis ac / kulkas maklum di kampung jauh dari bengkel servis.thanks

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.